Kompetensi Profesionalisme Guru PAK dalam meningkatkan Hasil Belajar di Kelas X SMTK Pekanbaru

Authors

  • Carles F Nainggolan STT ARASTAMAR RIAU Author
  • Meri Krisna Dewi Sitepu STT ARASTAMAR RIAU Author

DOI:

https://doi.org/10.63832/lampo.v2i1.47

Keywords:

kompetensi profesional, hasil belajar, guru, siswa

Abstract

Abstract: This study aims to determine how much influence the Professional Competence of Christian Religious Education Teachers has on Christian Religious Education Learning Outcomes of Class X SMATK Pekanbaru. The population of this study were 16 students of class X SMTK Pekanbaru. This research is in the form of Classroom Action Research (CAR). This paper aims, first to describe professional competence in improving student learning outcomes of class X SMTK Pekanbaru. Second, describing professional competence in improving student learning outcomes of class X SMTK Pekanbaru. Third, describes the results of the application of professional competence in improving student learning outcomes of class X SMTK Pekanbaru. The type of research used is Classroom Action Research which consists of two cycles. Each cycle consists of four activity steps, namely planning, implementing, observing and reflecting. This research was conducted in class X SMTK Pekanbaru for the 2020/2021 academic year. The research data was collected through observation, documentation and student learning test results.

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas X SMTK Pekanbaru. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas X SMTK Pekanbaru yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tulisan ini bertujuan, yang pertama menguraikan kompetensi profesional dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMTK Pekanbaru. Kedua, mendeskripsikan kompetensi profesional dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMTK Pekanbaru. Ketiga, memaparkan hasil penerapan kompetensi profesional dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMTK Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMTK Pekanbaru tahun pelajaran 2020/2021. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan hasil tes belajar siswa.

Author Biography

  • Carles F Nainggolan, STT ARASTAMAR RIAU

    Ka. Prodi Pendidikan Agama Kristen

References

Alma iBuchari. iGuru iProfesional. iBandung: iAlfabeta. i2009.

Asmani iJamal iMa’mur. i7 iKompetensi iGuru iMenyenangkan iDan iProfesional. iYogyakarta: iPower iBooks. i2009.

Budiman. iEtika iProfesi iGuru. iYogyakarta: iMentari iPustaka. i2012.

Gultom iAndar. iProfesionalisme iStandar iKompetensi iDan iPengembangan iProfesi iGuru iPAK. iBandung: iBina iMedia iInformasi. i2007.

Hasugian iJohanes iW. iMenjadi iGuru iPAK iprofesional imelalui isupervisi iAgama iKristen. iMedan: iMitra. i2016.

Janawi. iMetodologi idan i iPendekatan iPembelajaran. iYogyakarta: iOMBAK. i2013.

Mulyasa. iStandar iKompetensidan iSertifikasi iGuru. iBandung: iRemaja iRosdakarya. i2008.

Nainggolan iJohn iM. iMenjadi iGuru iAgama iKristen. iBandung: iGenerasi iInfo iMedia. i2007.

Non-Serrano iJanse iBelandina. iProfesionalisme iGuru i& iBingkai iMateri. iBandung: iBina iMedia iInformasi. i2012.

Purwanto. iEvaluasi iHasil iBelajar. iYogyakarta: iPustaka iBelajar. i2010.

Sudjana iNana. iPenilaian iHasil iProses iBelajar-Mengajar. iBandung: iRemaja iRosda iKarya. i2005.

Sudjana iNana. iDasar-Dasar iProses iBelajar iMengajar. iBandung: iSinar iBaru iAlgensindo. i2014.

Sugiyono. iMetode iPenelitian iPendidikan iPendekatan iKuantitatif, iKualitatif, idan iR&D. iBandung: iAlfabeta. i2015.

Downloads

Published

2025-08-04

Issue

Section

Articles

How to Cite

Kompetensi Profesionalisme Guru PAK dalam meningkatkan Hasil Belajar di Kelas X SMTK Pekanbaru. (2025). LAMPO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2(1), 63-78. https://doi.org/10.63832/lampo.v2i1.47